Menelusuri Dunia Ganda Major: Jalur Double yang Melawan

Ganda major, atau jalur double, ialah peristiwa yang makin banyak disukai oleh mahasiswa di beberapa kampus. Istilah ini mengarah pada keadaan di mana seorang mahasiswa memutuskan untuk memburu dua jalur sekalian pada sebuah program gelar. Walaupun ke-2 nya ada pada sebuah payung gelar yang masih sama, jalur yang diputuskan dapat asal dari disiplin pengetahuan yang tidak sama.

Contohnya, seorang mahasiswa dapat ambil jalur Pengetahuan Computer dan Matematika sama seperti yang dilaksanakan oleh Axel, peserta Clash of Champions yang kuliah di National University of Singapore (NUS). Dengan IPK atau GPA 4.90/5.00, Axel sudah menunjukkan jika ganda major bukan hal yang tidak mungkin untuk diraih hasil yang memberikan kepuasan.

Baca juga: Phil Foden Kembali Masuk Tim nasional Inggris Menjelang 16 Besar Piala Eropa 2024

Faedah Pilih Ganda Major

Menambahkan Kapabilitas dan Daya Saing

Salah satunya faedah khusus dari ambil ganda major ialah menambahkan kapabilitas dan daya saing di dunia kerja. Dengan mempunyai pengetahuan pada dua sektor yang tidak sama, alumnus ganda major mempunyai keunggulan bersaing dibanding mereka yang cuma mempunyai satu jalur.

Contohnya, gabungan di antara Pengetahuan Computer dan Matematika bukan hanya memberi pengetahuan dalam mengenai algoritme dan pemrograman, tapi juga kekuatan analitis data yang kuat.

Elastisitas Karier

Ganda major memberi elastisitas karier lebih besar. Alumnus dengan 2 sektor ketrampilan mempunyai lebih beberapa pilihan karier yang bisa ditelusuri. Mereka dapat pilih tugas di salah satunya sektor yang mereka kuasai atau cari posisi yang menyatukan ke-2 nya.

Untuk contoh, alumnus ganda major dalam Pengetahuan Computer dan Usaha dapat bekerja sebagai riset usaha di perusahaan tehnologi atau sebagai manager project di perusahaan start-up.

Rintangan saat Jalani Ganda Major

Beban Akademis yang Lebih Berat

Jalani ganda major sudah pasti tidak gampang. Mahasiswa harus siap hadapi beban akademis lebih berat dibanding mereka yang cuma ambil satu jalur. Ini bermakna semakin banyak kelas yang perlu di ikuti, semakin banyak pekerjaan yang perlu dituntaskan, serta lebih banyak ujian yang perlu ditemui.

Karena itu, mahasiswa ganda major harus mempunyai management waktu yang bagus dan disiplin tinggi untuk bisa sukses.

Kebatasan Waktu untuk Aktivitas Ekstrakurikuler

Dengan beban akademis lebih berat, mahasiswa ganda major kemungkinan temukan jika mereka mempunyai semakin sedikit waktu untuk aktivitas ekstrakurikuler. Walau sebenarnya, beberapa kegiatan ini penting untuk peningkatan diri dan jaringan professional.

Karena itu, penting untuk mahasiswa ganda major agar dapat menyamakan waktu di antara study dan aktivitas ekstrakurikuler supaya masih tetap memperoleh pengalaman yang bernilai di luar kelas.

Taktik Sukses Jalani Ganda Major

Management Waktu yang Efisien

Kunci keberhasilan saat jalani ganda major ialah management waktu yang efisien. Mahasiswa harus dapat membuat agenda yang teratur dan disiplin saat meng ikutinya. Ini termasuk mengelola waktu untuk belajar, kerjakan pekerjaan, dan istirahat.

Dengan management waktu yang bagus, mahasiswa dapat pastikan jika mereka tidak kerepotan dengan beban akademis yang berat.

Manfaatkan Sumber Daya Kampus

Kampus umumnya sediakan beragam sumber daya yang dapat digunakan oleh mahasiswa ganda major. Ini termasuk tuntunan akademis, konseling karier, dan support dari dosen dan staff. Mahasiswa harus aktif cari kontribusi dan anjuran dari sumber daya ini untuk menolong mereka menangani rintangan yang mereka temui.

Baca juga: Referensi Netbook Murah untuk AutoCAD di Bawah 3 Juta

Study Kasus: Axel, Peserta Clash of Champions

Axel ialah contoh riil dari mahasiswa yang berhasil sukses jalani ganda major. Sebagai peserta Clash of Champions, games show yang diselenggarakan Ruangan Guru, Axel sukses menunjukkan jika ganda major tidak cuma mungkin, tapi bisa juga dilaksanakan baik sekali.

Axel berkuliah di National University of Singapore (NUS) dan ambil jalur Pengetahuan Computer dan Matematika. Dengan IPK 4.90/5.00, Axel memperlihatkan jika dengan usaha keras dan pengabdian, siapa saja dapat sukses jalani ganda major.

Ringkasan

Ganda major ialah opsi yang melawan tetapi memberi banyak faedah untuk mahasiswa. Dengan menambahkan kapabilitas dan daya saing di dunia kerja, dan memberi elastisitas karier lebih besar, ganda major jadi opsi yang memikat untuk banyak mahasiswa.

Tetapi, rintangan seperti beban akademis lebih berat dan terbatasnya waktu untuk aktivitas ekstrakurikuler harus ditemui management waktu yang efisien dan manfaatkan sumber daya yang ada di kampus. Axel, peserta Clash of Champions, ialah contoh riil jika dengan pengabdian dan usaha keras, ganda major dapat ditempuh sukses dan memberi hasil yang memberikan kepuasan.

Previous Post

7 Opsi Kampus Terbaik untuk Jalur Akuntansi di Indonesia

Next Post

Score808 Aplikasi: Program Streaming Sepak Bola dengan Feature Komplet

Related Posts